Pages

Thursday, June 27, 2013

10 Tempat Wisata Favorit di Indonesia

Alam Indonesia terbentang sangat luas, dari Sabang sampai Merauke, dengan beraneka ragam kekayaan budaya, adat istiadat dan keunikan satwa langka. Tempat wisata di Indonesia turut maju seiring dengan semakin mudahnya setiap warga dunia memasuki kawasan negara lain. Artikel ini akan menjelaskan 10 tempat wisata favorit di Indonesia untuk tujuan liburan nanti. Mana saja tempat wisata favorit di Indonesia?
Pulau Bali - Tempat Wisata Terindah di Dunia Yang Ada di Indonesia
Pulau Bali – Tempat Wisata Terindah di Dunia Yang Ada di Indonesia

1. Pulau Bali

Tidak bisa disangkal lagi bahwa ikon pariwisata Indonesia masih dipegang oleh Pulau Bali. Pariwisata Bali memainkan peran penting bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat Pulau Dewata. Setiap jengkal tanah di Bali seolah tak luput dari penjelajahan para backpacker dan traveller. Sebut saja Pantai Kuta, Pantai Nusa Dua, Pantai Jimbaran, Istana Tampaksiring, Puri Agung Gianyar, Danau Batur, Puri Besakih, dan lain-lain. Pulau kecil ini terkenal sebagai salah satu tempat wisata terindah di dunia.

2. Tanjung Pinang

Tanjung Pinang adalah tempat wisata di Indonesia yang tepat untuk menikmati suasana khas budaya Melayu yang tampak dari geliat aktifitas warga setempat. Wisatawan yang berkunjung ke Tanjung Pinang dapat menemukan semua jenis daya tarik wisata. Mulai dari wisata kuliner gonggong yang lezat, wisata sejarah kerajaan Melayu, wisata bahari pantai-pantai yang indah, bahkan wisata berbelanja barang-barang bermerek dengan harga terjangkau.

3. Jakarta

Jakarta menjadi ibukota negara Indonesia sekaligus pusat pertumbuhan ekonomi negara. Beragam tempat wisata di Jakarta menyambut kedatangan para wisatawan yang datang. Anda bisa mendapatkan segala jenis wisata di Jakarta. Mulai dari wisata budaya Taman Mini Indonesia Indah, wisata sejarah Lubang Buaya, wisata bahari Taman Impian Jaya Ancol, hingga wisata malam di banyak tempat hiburan dan mall yang ada di Jakarta.

4. Yogyakarta

Jika kawasan Indonesia Tengah memiliki Pulau Bali, maka Pulau Jawa mempunyai Yogyakarta. Yogyakarta merupakan daerah istimewa di Indonesia karena diperintah oleh seorang Sultan atau Raja hingga saat ini. Wisata sejarah dan budaya menjadi daya tarik utama kunjungan liburan ke Yogyakarta. Daftar tempat wisata di Yogyakarta yang patut Anda datangi antara lain: Keraton Jogja, Jalan Malioboro, Museum Jogja Kembali, Pantai Parang Tritis, Candi Prambanan, dan lain-lain.

5. Manado

Kota Manado terletak di provinsi Sulawesi Utara. Wisata andalan kota Manado adalah Taman Nasional Pulau Bunaken dengan keindahan terumbu karangnya. Selain menyelam di Pulau Bunaken, Anda juga dapat mengunjungi Danau Tondano di selatan kota Manado. Bila waktunya tepat, wisatawan dapat menyaksikan kemeriahan Festival Tomohon-Tondano yang berhias bunga-bunga indah, parade budaya, pameran hasil kerajinan tangan masyarakat, dan lain-lain.

6. Malang

Malang merupakan sebuah kota di Jawa Timur yang terletak di wilayah pegunungan. Kondisi geografis daerah bergunung-gunung menyebabkan Malang menjadi tempat liburan alam yang menyenangkan bersama keluarga. Gunung Bromo, Gunung Kawi, Pantai Sendang Biru, Pulau Sempu, dan Waduk Sutami adalah beberapa obyek wisata di Malang yang indah. Sebelum mencapai Kota Malang, sempatkan untuk mampir ke Kota Wisata Batu dengan beragam rekreasi alam yang indah dan mempesona.

7. Palembang

Pada masa lalu, Kota Palembang menjadi pusat pemerintahan Kerajaan Sriwijaya. Sisa-sisa kejayaan Sriwijaya masih bisa kita temui di Palembang hingga kini. Kota Palembang memiliki Sungai Musi yang membelah kota tersebut menjadi dua bagian. Di atas Sungai Musi berdiri Jembatan Ampera yang fenomenal. Anda bisa menikmati sensasi suasana malam hari Kota Palembang di atas perahu rakyat sambil menikmati kuliner empek-empek kapal selam khas Palembang.

8. Pulau Lombok

Kondisi alam Pulau Lombok yang cenderung panas sepanjang tahun ternyata menyimpan potensi wisata yang mengagumkan. Anda bisa melakukan pendakian ke Gunung Rinjani dan menyaksikan keindahan danau tiga warna Danau Kelimutu. Belum cukup sampai disitu, Pulau Lombok juga memiliki Pantai Kuta yang berpasir putih bak merica. Liburan ke Pulau Lombok akan menunjukkan kepada Anda betapa alam Indonesia Timur sangat kaya potensi budaya.
Indahnya Pantai Pulau Komodo - Wisata Petualangan ke Pulau Komodo dan Pulau Rinca
Indahnya Pantai Pulau Komodo – Wisata Petualangan ke Pulau Komodo dan Pulau Rinca

9. Tenggarong

Tenggarong merupakan kota pertambangan emas berlian yang berada di provinsi Kalimantan Timur dan berkembang pesat sejak era otonomi daerah. Di kota Tenggarong mengalir Sungai Mahakam dengan beraneka jenis tawaran wisata alam yang menarik. Festival Kebudayaan Masyarakat Adat Kutai dilaksanakan setiap tahun dan selalu menyedot perhatian wisatawa dunia.

10. Pulau Komodo

Pulau Komodo adalah salah satu tempat wisata Tujuh Keajaiban Dunia. Bersama Pulau Rinca, Pulau Komodo menjadi tempat tinggal alami bagi satwa langka komodo. Berlibur ke Pulau Komodo akan membawa Anda berpetualang ala Jurassic Park dengan kehidupan alam liar. Para ranger dan wisatawan dapat melihat secara dekat bagaimana binatang purba tersebut hidup dan berkembang biak di iklim panas provinsi Nusa Tenggara Timur.

sumber

No comments:

Post a Comment