Pages

Thursday, December 27, 2012

Bunaken, Taman Laut Penuh Warna-warni

View bawah air bunaken
Berada di seberang Kota Manado, Sulawesi Utara, Bunaken adalah taman laut yang tersohor hingga mancanegara. Anda bisa snorkeling atau diving untuk melihat bawah lautnya yang kaya beragam ikan dan terumbu karang berwarna-warni.



Indonesia memiliki potensi bawah laut yang sangat indah, karena letaknya di pertemuan antara dua samudera, yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Di bagian Indonesia tengah hingga timur, terdapat kawasan yang termasuk dalam segitiga terumbu karang atau coral triangle yang meliputi Sulawesi Utara sampai selatan hingga wilayah Papua.

Di Sulawesi Utara terdapat taman laut yang sangat terkenal karena keindahan terumbu karang dan keanekaragaman biota bawah lautnya. Itu adalah Taman Laut Bunaken.

Anda bisa menuju Bunaken dari Kota Manado dengan kapal yang disewakan di dermaga-dermaga di sekitar kotanya. Sangat cocok jika mengunjungi Bunaken di luar musim hujan, yaitu antara bulan April-Oktober. Cuaca cerah saat itu akan lebih menambah keindahan pesona bawah laut Bunaken.

Banyak penyedia jasa penyeberangan untuk tiba di Bunaken. Lebih baik datang ke Bunaken beramai-ramai, agar biaya sewa kapal lebih murah dengan kapasitas satu kapal yang dapat menampung hingga 20 orang.

Setelah sampai di Pulau Bunaken, kita bisa menikmati indahnya pantai dan juga mencicipi kuliner khas setempat beserta kelapa muda. Kita juga bisa menyewa peralatan diving atau snorkeling yang disewakan oleh penduduk sekitar.

Kalau saya dan rombongan lebih memilih snorkeling saja, karena untuk diving perlu pengalaman dan biayanya lebih mahal. Pemandangan bawah laut Bunaken sangat beraneka ragam, mulai dari berbagai spesies ikan yang tanpa malu untuk menyapa dan terumbu karang yang berwarna-warni.

detikTravel

No comments:

Post a Comment