Pages

Thursday, December 27, 2012

Waduk Pondok, alternatif liburan di Jawa Timur

Pemandangan WadukJangan hanya berlibur ke destinasi yang sudah terkenal di Jawa Timur. Masih ada Waduk Pondok di Kabupaten Ngawi. Meski dilupakan, destinasi ini masih punya pesona alam yang asyik dikunjungi saat liburan panjang akhir tahun.

Tidak hanya memiliki hutan, Kabupaten Ngawi di Jawa Timur juga masih punya wisata nan indah, yaitu Waduk Pondok. Waduk Pondok, meski sudah terlupakan, destinasi ini masih memancarkan pesona keindahannya.

Terletak kurang lebih 6 km sebelah timur Ngawi, Waduk Pondok merupakan waduk yang dulunya menjadi primadona para pemancing dan wisatawan untuk melepas penat.

"Dulu di sini ada pengusaha yang punya keramba ikan. Setiap weekend mereka pasti menyempatkan diri ke sini,"  kata salah satu warga yang saya temui, Supardi.

Dia bercerita bagaimana warga Desa Dampit, desa yang berada di sekitar waduk dulu menggantungkan hidupnya dari waduk ini. Menurutnya, banyak warga yang bekerja di keramba.

"Ada juga yang membuat perahu untuk para wisatawan keliling-keliling waduk atau sekadar mencari spot mancing yang enak," ujarnya.

Untuk saat ini, Waduk Pondok hanya menjadi tempat mancing dan tempat nongkrong. Tidak sulit untuk menuju destinasi ini. Jika sudah berada di Ngawi, Anda tinggal menuju ke arah Surabaya. Petunjuk jalan juga ada yang menunjukkan ke arah waduk ini.

Selain wisata air, pemandangan indah dari waduk ini juga berasal dari hutan mahoni, hutan jati, dan batuan kapur yang mengelilingi waduk. Menurut saya, tempat ini cocok untuk Anda yang memang senang dengan fotografi. Setidaknya bisa menambah objek baru untuk Anda.

"Dulu warga di sini berpenghasilan dari keramba itu. Banyak warga yang dipekerjakan di sana. Sayangnya, usaha keramba itu bangkrut karena tidak mendapatkan izin usaha lagi dari bupati," cerita Supardi.

Katanya, banyak warga yang akhirnya menjual kapal-kapalnya. Hingga saat ini, mereka hanya menjadi petani atau peternak. Supardi dan warga lainnya pun berharap agar Pemerintah Kabupaten Ngawi membuka mata, agar waduk tersebut bisa menjadi objek wisata.

Waduk Pondok merupakan kekayaan alam yang masih 'perawan' dan sangat eksotis. Bagusnya, daerah ini belum dirusak oleh masyarakat sekitar. Waduk Pondok hingga saat ini masih menjadi surga yang tersembunyi dari Ngawi.

detik

No comments:

Post a Comment